1.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang dan Masalah
Sejarah atau dalam
bahasa Inggris yang disebut dengan History adalah kajian mengenai suatu
peristiwa penting umat manusia baik
secara individual maupun kelompok yang bersifat mengubah ataupun berpengaruh
dalam kehidupan manusia. Faktanya, dalam kehidupan manusia yang selalu berkembang
tak luput dari adanya peran pendidikan yang akurat sehingga pendidikan menjadi
salah satu faktor penentu maju atau mundurnya suatu peradaban bangsa.
Pendidikan dan Sejarah adalah hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain
karena keduanya memiliki hubungan erat.
Kajian mengenai sejarah pendidikan pada saat ini
masih sangat terbatas dikarenakan masih banyak para sejarawan lebih memilih sejarah
politik ataupun sejarah sosial ekonomi sebagai obyek kajian dan penelitiannya. Sehingga
buku buku referensi mengenai sejarah pendidikan Indonesia masih sangat terbatas
jumlahnya. Padahal sejarah telah membuktikan bahwa pendidikan merupakan tonggak
utama dalam membangun peradaban bangsa yang maju. Kemajuan dan kemunduran suatu
peradaban dapat dilihat dari sektor pendidikan suatu bangsa yang ada. Maka
sejarah pendidikan sangatlah penting untuk dikaji dan di teliti kembali sebagai
bahan pembangunan proses pendidikan yang
maju.
Menurut kajian sejarah,
pendidikan sudah ada sejak zaman pra aksara dimana pendidikan tersebut
disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pada peradaban pra aksara. Selanjutnya
pendidikan terus berkembang secara konsisten sesuai dengan kondisi dan
kebutuhan suatu peradaban manusia di dunia. Pembahasan kali ini lebih kepada
kajian terhadap perkembangan pendidikan pada masa Hindu-Budha yang pusatnya
terletak di India menyebar ke daerah-daerah terutama Eropa dan Asia.
Perkembangan pendidikan
pada masa Hindu-Budha yang pesat inilah yang membuat banyak pengaruh dalam
peradaban di kawasan Eropa dan Asia. Hal tersebut dapat kita lihat dalam
beberapa kebudayaan peninggalan masa Hindu-Budha di kawasan ini yang menandakan
adanya pengaruh dari penyebaran Hindu budha di kawasan Eropa dan Asia.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana
perkembangan pendidikan pada masa Hindu-Budha di Eropa dan Asia ?
2. Apa
saja aspek pendidikan pada masa Hindu-Budha di Eropa dan Asia ?
1.3 Tujuan
2. Untuk
mengetahui bagaimana perkembangan pendidikan pada masa Hindu-Budha di Eropa dan
Asia.
3. Untuk
mengetahui apa saja aspek pendidikan pada masa Hindu-Budha di Eropa dan Asia.
1.4 Kerangka Teoritis
A. Definisi
Sejarah Pendidikan
Menurut
pandangan islam pengertian sejarah
pendidikan adalah pendidikan yang
mengarah kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan
dan sikap yang baik dalam kehidupan individu maupun orang lain yang bersifat
teoritis dan praktis.( Zakiah Drajat ).
Dari
pernyataan diatas dapat disimpulkan secara umum bahwa sejarah pendidikan adalah
suatu kajian mengenai pendidikan guna mengevaluasi pendidikan-pendidikan di
masa lalu sebagai bahan acuan pertimbangan untuk menentukan program dan
langkah-langkah dalam membuat sistem pendidikan yang lebih efisien.
B. Definisi
Perkembangan Pendidikan
Pendidikan ialah
usaha sadar untuk
menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranan masa yang akan
datang. Sedangkan pendidikan adalah
bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa
kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan
tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.
II.
PEMBAHASAN
2.1 PENYEBARAN
PENDIDIKAN HIDU-BUDHA KE DAERAH EROPA
Permulaan penyebarah pendidikan Hindu-Budha di
kawasan eropa yaitu pada saat datangnya bangsa Indo-Iran ke daratan eropa denga
membawa revolusi di bidang pertanian sehingga para penduduk eropa tertarik
untuk menerima pengaruh dari bangsa Indo-Iran yang menyebarkan Hindu-Budha di
kawan tersebut. Tak hanya itu saja bahkan daerah eropa pada saat itu sangat
cepat berkembang dalam konteks keyakinannya. Pedidikan pada masa Hindu-Budha
masih dalam tatanan kereligiusan diamana setiap aspek kependidikan disesuaikan
sengan ajaran Hindu-Budha baik dalam tata cara bermasyarakat maupu tata cara
dalam menjalani kehidupan di dunia.
Perkembangan pendidikan di Eropa dapat kita liat
dari banyak peninggalan baik dalam bentuk sastra maupun dalam bentuk lainnya.
Sebagai contoh Penggambaran Goddess Hekate terlihat mirip dengan dewi Hindu.
Bangsa Thracia menyebut negara mereka 'Aria' [81]
yang berarti Noble. Ini adalah kata yang memiliki banyak arti dalam agama
Hindu, termasuk agama Buddha dan Jainisme. Dalam mitologi Hellenist, Thrace
adalah keturunan Parthenope, putri dewa Olympia Ares. The 'Parth' dalam nama
Parthenope menunjukkan Parthian dan karenanya asal Indo-Iran. Dewi Hecate
digambarkan sebagai dewa berkepala banyak dan multi-tangan.
Ada beberapa suku di antara orang-orang Thrakia.
Awalnya ada satu tetapi karena mereka memperluas kontrol wilayah lain di
Balkan, negara-negara lain menjadi Thracianized. Hesychius mencatat bahwa suku
Sindi dari Thracia berasal dari India. [82] Sir W. Drummond juga dari sudut
pandang yang sama. George Faber menulis bahwa bangsa Thracia berasal dari
perbatasan India. [83]
Bangsa Thracia mendiami wilayah ini bahkan sebelum
bangsa Yunani awal [84] berjalan ke selatan menuju Yunani yang sekarang. [85] Bangsa
Thrakia bahkan mendahului orang Yunani ke pulau-pulau penting di Aegea utara,
tengah, timur dan timur. Ini termasuk Thasos, Samothrace, Imbros, Lemnos,
Euboea, Naxos, Lesbos dan Chios. [86]
Negara Sindi Colchi, yang terletak di Semenanjung
Taman, dikenal sebagai Sindike dan Sindikos, dan kota terbesarnya bernama
Sinda. Penulis Yunani Strabo menyebut Sindi ini sebagai 'Sindoi'. Kuno Yunani
Pliny menyebutnya 'Scythia Sindica', Ptolemy sebagai 'Indo-Scythia', dan kedua
Socrates dan Stephanus sebagai 'India'. Karena bangsa Thracia juga berada di
Laut Aegea, mereka berada di pulau Lemnos. Ada sebuah etnis di sini yang
bernama 'Sindian', yang Homer dalam bukunya Iliad dan Odyssey tulis,
"berbicara dengan bahasa asing" dan orang-orang Skoliast Thucydides
menulis bahwa bangsa Thracia berasal. [87]
"Kami dapat dengan tegas mengatakan bahwa
orang-orang Bulgaria telah memasuki wilayah mereka yang sekarang dari Hindistan
(India) pada zaman paling kuno ... dan migrasi mereka terjadi jauh lebih awal
daripada pembagian suku Aryan di Hindistan." - Paisii Hilendarski [88]
Yunani
Mosaik Yunani Kṛṣṇa dalam pose bersilang ikoniknya
memainkan seruling oleh sapi, dari abad ke-2, sekarang ditemukan di Korintus,
Yunani.
2.2 PENYEBARAN
HINDU-BUDHA KE DAERAH ASIA
Penyebaran agama
Hindu-Buddha ini telah menjadi sejarah dalam proses penyiaran atau
penyebarannya dikawasan asia tenggara yakni Kampuchea, Annam, Semenanjung
Melayu, Myammar, dari kawan-kawasan tersebut merupakan penyebaran pengaruh
Hindu-Buddha.Penyebaran Pengaruh Hindu-Buddha ke Asia Tengga :-Kontak
kebudayaan antara india dan Asia tenggara ini juga berlangsung seiring dengan
kegiatan perdagangan, adapun kawasan-kawasan di Asia tenggara seperti yang ada
dibawah ini.
a.
Kampuchea
Menurut
beberapa sumber, pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha itu awalnya masuk
ke Lembah Sungai Mekong di daeah Funan, Kampuchea. Di Funan ini kemudian
berdiri sebuah kerajaan. Menurut cerita, Kerajaan Funan didirikan oleh seorang
brahmana. bernama Kaundinya pada awal tahun Masehi. Pusat pemerintahannya ada
di Vyadhapura dan pelabuahnnya ada di Oc-Eo. Pelabuhan itu terletak di sebelah
barat Cochin. Cina sehingga menjadi sangat strategis. Oleh karena letaknya
strategis, pelabuhan Oc-Eo menjadi pelabuhan dagang yang sangat penting di Asia
Tenggara. Kerajaan Funan menjadi pelopor berkebangnya kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha di Kampuchea. Pada aad ke-3, Kerajaan Funan telah menjalin
hubungan dengan pemerinthaan Cina.
b. Annam
Dari Funan, pengaruh
Hindu-Buddha menyebar ke wilayah Hue, di Annam. Di wilayah itu kemudian muncul
kerajaan Champa. Pusat pemerintahnnya ada di Quangnam. Menurut beberapa sumber,
diperkirakan Kerajaan Champa ini pernah menjadi bawahan Kerajaan Funan. Daerah
lain yang terkena pengaruh Hindu-Buddha adalah lembah sungai menam
c. Semenanjung Melayu
Pengaruh kebudayaan
Hindu-Buddha sampai pulau di semenanjung melayu. Menurut berita Cina wilayah
Semenanjung Melayu yang terkena pengaruh Hindu-Buddha adalah daerah-daerah yang
menjadi taklukan Funan. Daerah itu, antara lain Lang-Ya-Siu.
d. Myanmar
Kebudayaan
Hindu-Buddha juga berkembang di Myanmar Selatan, yaitu di Arakan dan dataran
rendah Myanmar Utara bagian pedalaman juga terpengaruh kebudayaan Hindu-Buddha.
Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha di Myanmar selatan masuk melalui jalur laut,
sedangkan pengaruh Hindu-Buddha masuk ke Myanmar Utara melali jalur darat.
Jalur darat itu dari India terus masuk melalui Asam ke pedalaman Myanmar terus
ke Yunan.
III. PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari hasil kajian
diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa perkembangan pedidikan pada masa
Hindu-Budha ialah dengan menyesuaikan aspek pendidikan yang ada dengan kegiatan
kerohanian yang sesuai dengan ajaran agama tersebut sehingga menghasilkan
keseimbangan antara pembelajaran kerohanian dan penerapan pada kehidupan
sehari-hari.
DAFTAR PUSTAKA
Comments
Post a Comment